Apa itu Programmer? - EPS-BLOG

Latest

Blog Teknologi Informasi

BANNER 728X90

Senin, 15 Juni 2020

Apa itu Programmer?

Hampir semua yang kita kerjakan sekarang tidak terlepas dari yang namanya aplikasi. Baik itu secara online maupun online. Lalu pertanyaanya, siapakah yang menciptakan aplikasi itu? Yups, mereka adalah programmer.


Programmer adalah seorang yang memiliki kemampuan atau skill menulis, menyusun dan merancang kumpulan kode program (syntax) untuk menghasilkan sebuah program yang bisa menjalankan suatu tugas tertentu secara otomatis.
Pekerjaan programmer bagi orang awam mungkin terlihat sederhana, mereka biasanya hanya duduk manis di depan komputer sambil memandangi kumpulan kode. Padahal, tugas programmer lebih dari itu. Programmer tidak hanya sekadar bekerja di depan laptop, melainkan juga pihak yang berperan penting dalam perkembangan dunia teknologi digital. 


Mengapa demikian? Karena seorang programmer dituntut untuk memiliki segudang ilmu yang terus menciptakan solusi-solusi baru dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dalam dunia pemrograman.
Lalu apa saja sih tugas mereka? 
  • Mendefinisikan Kebutuhan
Mendefinisikan kebutuhan merupakan tugas utama yang harus dilakukan oleh programmer sebelum membuat aplikasi. Hal itu sangat diperlukan untuk menilai tingkat kepuasan client/pengguna setelah menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu, programmer harus menentukan jenis platform dan tools lainnya yang akan digunakan untuk mengimplementasikan aplikasi.
  • Merancang Tampilan Program
Tugas programmer berikutnya adalah merancang tampilan program. Dalam hal ini programmer dapat membuat sketsa alur aplikasi secara umum melalui bentuk flowchart atau tampilan grafis.
  • Menulis Kode Program
Menulis kode program (source code) adalah tugas paling penting yang dilakukan oleh programmer. Tugas ini dilakukan setelah programmer selesai membuat flowchart. Dalam artian, programmer menuangkan gambaran flowchart kedalam bentuk kode program dengan menggunakan bahasa pemrograman.
  • Melakukan Debug Program
Ketika selesai menuliskan kode program, programmer dapat melakukan proses debug terhadap aplikasi. Maksudnya adalah programmer dapat mengecek terjadinya kesalahan atau error yang terjadi dalam aplikasi. Jika terjadi kesalahan, maka programmer dapat mengevaluasi kode program yang sudah dibuat.
  • Menguji Program
Menguji program adalah tugas programmer selanjutnya, dimana aplikasi yang sudah selesai dibuat akan dipublikasikan kepada pengguna. Dengan begitu, aplikasi yang sudah dibuat memiliki manfaat bagi pengguna.

Apakah kalian tertarik menjadi seorang programmer? Untuk kalian yang bercita-cita menjadi seorang programmer, terus lanjutkan dan jangan lupa giat belajar. Jika ada yang ingin ditanyakan, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar dibawah yaa. Terima kasih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar