Pengertian dan Fungsi Localhost - EPS-BLOG

Latest

Blog Teknologi Informasi

BANNER 728X90

Minggu, 21 Juni 2020

Pengertian dan Fungsi Localhost

Bagi beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah Localhost. Namun bagi kalian yang sudah terjun kedalam dunia Web Developer pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Localhost adalah salah satu senjata bagi pada Web Developer pemula ataupun yang sudah berpengalaman. Karena Localhost bisa memberikan kemudahan untuk melakukan pengeditan atau penambahan script yang digunakan pada konten web tersebut. Bukan hanya itu, Localhost juga bisa menghemat biaya, sebab kita bisa mengaksesnya tanpa internet.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, kami akan memberikan penjelasan tentang Localhost. Yuk mari baca dengan teliti ya.
Localhost
  • Pengertian Localhost
Istilah Localhost merupakan frasa yang terdiri dari kata local dan host. Local yang berarti lokal sedangkan host berkaitan dengan kegiatan hosting. Definisi dari localhost itu sendiri adalah nama default yang digunakan untuk menjadikan komputer kalian sebagai server lokal. 

Seperti nama domain pada umumnya, localhost juga memiliki alamat IP (Internet Protocol). Alamatnya bervariasi mulai dari 127.0.0.0 hingga 127.255.255.2555, tapi normalnya 127.0.0.1.  
  • Fungsi Localhost
Meskipun pengertian Localhost terlihat sederhana, namun bisa sangat berguna bagi kalian yang berprofesi sebagai web developer atau bergelut di bidang komputer, seperti :

1.  Menguji coba berbagai situs juga aplikasi web Online

Sudah sangat jelas bahwa fungsi utama dari localhost adalah bisa melakukan akses situs yang telah dijalankan di computer kalian secara offline. Hal semacam ini cukup bermanfaat untuk seorang developer website. Menggunakan localhost bisa memastikan bahwa situs maupun aplikasi di web yang dibuat dapat bekerja dengan maksimal sebelum mengunggahnya menuju server online.

2.  Mengecek kondisi dari koneksi internet

Localhost juga bisa digunakan dalam memeriksa bagaimana koneksi internet kalian. Yaitu dengan cara membuka command Prompt (Windows) atau Terminal (Mac OS), lalu dketikkan “ping localhost” maupu “ping 127.0.0.1”. Maka test ini akan menampilkan hasil performa. Berdasarkan hasil ini, jika ditemukan masalah, maka kalian bisa memperbaikinya saat itu juga.

Yups sekian penjelasan tentang Localhost, semoga bisa bermanfaat bagi kalian ya. Bantu shrae juga artikel ini, supaya temen-temen kalian bisa tau juga tentang Localhost. Jika ada yang ingin ditanyakan bisa comment dibawah ini ya. 
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar